Search here...

Arsip

Tuesday 9 April 2019

PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 WADASLINTANG

Fathah Nurjanah dan Maryono
Abstrak
Penelitian ini bertujuan; 1) untuk mengetahui kualitas pendidikan agama islam di SMK N 1 Wadaslintang, 2) untuk mengetahui partisipasi komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama islam di SMK N 1 Wadaslintang, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan hambatan. bagaimana sekolah berkomitmen dalam meningkatkan kualitas agama islam di SMK N 1 Wadaslintang.
Dalam penelitian ini, kami menggunakan penelitian kualitatif. Pencarian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dirasakan oleh subjek penelitian secara holistik dengan kata-kata atau bahasa. Dalam mengumpulkan data, kami menggunakan wawancara, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Dan menganalisis data, kami memakai analisis interaktif yaitu pengumpulan data, reduksi data, tampilan data, dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kualitas pendidikan agama islam sangat baik, hal ini ditunjukkan oleh aktivitas ibadah dhuha dan dhuhur yang dilakukan bersama dan pada hari Jumat, mereka pergi ke masjid untuk sholat bersama.2) peran komite sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam seperti: sebagai lembaga penasihat, sebagai agen pendukung, sebagai agen pengendali, dan sebagai agen eksekutif. 3) faktor pendukung seperti di bawah kepemimpinan yang baik, kinerja guru yang baik dan partisipasi orang dewasa siswa dan faktor hambatan antara lain kurangnya infrastruktur dan bisnis komite sekolah.
https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/paramurobi
PARTISIPASI KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 1 WADASLINTANG

No comments:

Post a Comment

Tanggapan Anda