Search here...

Arsip

Wednesday 10 April 2019

CENTERED LEARNING APPROACH SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)

Yurita Erviana
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berpusat pada anak guna mengembangkan kecerdasan jamak anak usia dini di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Objek penelitian berupa pengembangan kecerdasan jamak anak usia dini di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk melihat suatu fenomena (kasus) sosial yang terjadi di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta. Tekik pengumpulan data penelitian diakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif menggunakan model analisis interaktif. Guna melihat kebsahan data penelitian, diperlukan adanya proses triangulasi dan pengamatan mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa student learning approach sebagai suatu pendekatan pembelajaran di TK Islam Plus Mutiara Yogyakarta dilakukan dengan memberikan kebebasan pada anak untuk memilih dan menentukan sendiri aktivitas bermain maupun belajar. Selain itu, anak dituntut untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Temuan lainnya berupa anak terfasilitasi pengembangan kecerdasannya melalui kegiatan yang dipilih oleh anak dengan di dukung oleh sumber belajar yang memadai.
CENTERED LEARNING APPROACH SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI TK ISLAM PLUS MUTIARA YOGYAKARTA)

No comments:

Post a Comment

Tanggapan Anda