Search here...

Arsip

Monday 14 September 2009

Merubah Bahasa Microsoft Office 2007


Tau nggak jika deretan Menu Dan Ribbon (Home, Insert, Page Layout, References, Mailing, Review, View, Add-Ins,etc) pada Microsft Office Word 2007 bisa dirubah kedalam Bahasa Indonesia?
Kalau tahu, Alhamdulillah. Kalau belum, Informasi ini untuk yang belum tau saja.Buat menambah ilmu pengetahuan, dan yang sudah tau berbagilah pada orang yang belum tau.
Apa itu Ribbon (read: raiben) Ribbon (ex: Home(Clipboard, Font, Paragraf, dll) adalah sederetan Panel Menu pada Microsoft Office Word 2007 yang settingan default atau bawaannya memakai Bahasa Inggris. Settingan ini bisa dirubah dengan memakai sebuah software.
Software bisa di download disini.
Ukuran Filenya 14.2 MB lumayan agak gede.
Nama softwarenya yaitu Language Interface Pack. Jika kita menggunakan software ini semua bentuk Ribbon yang tadinya Bahasa Inggris, di rubah menjadi Bahasa Indonesia.
Awalnya pasti bingung, kenapa?. Karena sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris dirubah ke-Bahasa Indonesia jadi sulit memahami maksudnya.
Contohnya Home menjadi Awal, Insert menjadi Sisipan. Yang jelas semua bahasanya diganti menjadi Bahasa Indonesia. Tapi tidak apa-apa, sekedar supaya tidak bosan dan bisa mengesankan tampil beda dengan yang lain.
Misalnya, pas presentasi. Karena software ini tidak hanya digunakan untuk Microsoft Office Word 2007 saja, bisa digunakan untuk Microsoft PowerPoint juga Oke, asalkan settingannya dirubah terlebih dahulu. Yang bisa berubah diantaranya adalah Microsoft Office Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook dirubah menjadi Bahasa Indonesia. Selain itu, tetap menggunakan Bahasa Inggris.

Cara menggunakannya adalah sebagai berikut.
  1. Setelah mendownload, installah programnya dan ikuti perintah yang diberikan.

Mulai kita utak atik settingan Microsoft Office Word 2007 Nya.
  1. Selanjutnya, klik Panel kiri pojok atas. Lihat gambar.
  1. Klik Word Options seperti yang terlihat dalam gambar diatas. Nanti akan muncul kotak dialog berikut ini.
  1. Ubahlah settingannya menjadi Bahasa Indonesia. Klik OK.
Lihat Gambar dibawah ini.
  1. Setelah itu, akan muncul perintah untuk merestart Microsoft Office Word 2007 agar settingan Bahasanya berubah menjadi Bahasa Indonesia.
Lihat Gambar dibawah.
  1. Restart lah Microsoft Office Word 2007 Nya.
Lihatlah Hasilnya, settingan Bahasa Inggris berubah menjadi Bahasa Indonesia.

  1. Terlihat tampil beda khan.? Tips ini untuk membuat Microsoft Office Word 2007 tampil lebih menarik dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
  2. Tetaplah berkunjung keBlog saya dan dapatkan Tips-Tips menarik dan cerdas.
SELAMAT MENCOBA.. Semoga Bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Tanggapan Anda