Search here...

Arsip

Wednesday 10 April 2019

AKTUALISASI AJARAN KI AGENG SURYOMENTARAM SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Faisal Kamal, Zulfa Indra Wahyuningrum


Abstrak

Terwujudnya insan yang berkarakter merupakan inti sari dalam sebuah proses pendidikan. Sebagai pendidik berkewajiban menanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak didiknya melalui proses pembelajaran. Melalui pengenalan sejarah, pendidik dapat memperkenalkan tokoh-tokoh lokal, yang dimasa lalu memiliki pemikiran yang melampaui zamannya.
Sosok tersebut adalah Ki Ageng Suryomentaram, pengkajian terhadap pemikiran-pemikirannya dapat mengaktualkan kembali ajarannya sebagai acuan pembelajaran bagi generasi muda dewasa ini. Penelitian ini berupaya menunjukkan bahwa Ki Ageng Suryomentaram sebagai sosok yang bersahaja, dan juga seorang pejuang layak menjadi role model. Tentang bagaimana menjadi manusia seutuhnya yang dapat ditemukan pada inti ajaran-ajarannya (wewarah).
Penelitian ini merupakan kajian tokoh, yaitu Ki Ageng Suryomentaram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan model kajian pustaka (library research) dalam pengumpulan data-datanya. Untuk pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, sedangkan analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis).
AKTUALISASI AJARAN KI AGENG SURYOMENTARAM SEBAGAI BASIS PENDIDIKAN KARAKTER

No comments:

Post a Comment

Tanggapan Anda